STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA EKSTRAK SARI PALA KELOMPOK PKH DESA SUKAWANGI

Annisa Dwi Rayagina, Asep Saepul Alam, Yola Nurkamil Nurkamil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi Usaha Ekstrak Sari Pala Kelompok PKH Desa Sukawangi. (2) strategi apa yang tepat untuk pengembangan Usaha Ekstrak Sari Pala Kelompok PKH Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, Analisis Matriks IFE dan EFE, Analisis matriks SWOT, dan QSPM. Hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan total bobot skor rata-rata IFE sebesar 2,48 yang artinya perusahan mempunyai faktor internal yang sedang dan total skor rata rata EFE sebesar 2,46. Berdasarkan hasil analisis SWOT : (1)  Memperluas jejaring pemasaran. (2) Melakukan promosi guna meningkatkan penjualan. (3) Meningkatkan inovasi dalam pembuatan ekstarak sari pala dengan mengikuti pelatihan PLEK dan PLUT. (4) Memperluas pemasaran dengan memanfaatkan digital seperti Aplikasi SIMPUL, media sosial maupun market place. (5) Melakukan pengenalan produk. (6) Melakukan pengembangan produk. (7) Meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas untuk melakukan inovasi produkekstrak sari pala agar mampu bersaing dengan produk subsitusi. (8) Memperbanyak mitra supaya produksi trus berkelanjutan.


Keywords


Strategi Pengembangan QSPM, Ekstarak Sari Pala

Full Text:

PDF

References


Afridhal, M., Agribisnis, M., Pertanian, F., & Almuslim, U. (2017). Strategi Pengembangan. 1(3), 223–233.

Agaus, L. R., & Agaus, R. V. (2019). Manfaat Kesehatan Tanaman Pala ( Myristica fragrans ) ( Health Benefits of Nutmeg ( Myristica fragrans )). 6, 662–666.

Analia, D. (2015). Strategi Pengembangan Pala (Myristica Fragan Haitt) Di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam (Studi kasus : Kelompok Tani Sabik Tajam Nagari Tanjung Sani). Jurnal AGRISEP, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.31186/jagrisep.14.1.1-10

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 56–72. https://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163

Cawer, Marthen.2019.Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi Arabika

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12.

David, F. R., 2004, Manajemen Strategis :Konsep-Konsep, Edisi Kesembilan, PT Indeks, Jakarta.

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Buku 1, Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Dr.Paulus Wardoyo, M. (2011). Matrik SWOT Alat Analisis Manajemen, 148, 148–162.

H. Kusnadi. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate), Prinsip, Prosedur & Metode, Edisi Pertama, Brawijaya Malang.

Hitt, Michael A., Ireland, R. Duane and Hoskisson, Robert E., Strategic Manajement: Competitiveness and Globalization, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, Salemba Empat, 2001

Hubeis, Musa dan Mukhamad Najib. 2014. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Gramedia. Jakarta

Hunger J, David dan Wheelen L, Thomas. 2001. "Manajemen Strategis". Yogyakarta. ANDI

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi

Irawati, Mimien Heni. 2018. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi - Articles

Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019

Jatmiko, Rammad Dwi. 2003. Manajemen Stratejik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Jupriadi, L. 2011. Uji Aktifitas Ekstrak Etanol Daun Waru (Hibicustilaceus L.) terhadap Jamur Malassezia furfur. Skripsi. Malang : Program Studi Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya Malang.

Kinnear, T. 1991. Marketing Research. An Applied Approach, 4 Ed. Mc Grow Hill, USA

Lestari, Endang. G. 2011. Peranan Zat Pengatur Tumbuh dalam Perbanyakan Tanaman melalui Kultur Jaringan. Jurnal AgroBiogen 7 (1).

MASKAPAI, A. H. P. K., MURAH, L. P. J. P. B., 1999, D. D. U.-U. N. 8 T., & KONSUMEN, T. P. (2013).Metode Analisis IFE dan EFE. Maskapai, Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Murah, Lion Pada Jasa Penerbangan Bertarif 1999, Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun Konsumen, Tentang Perlindungan, c, 2–6.

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Metode Analisi Menentukan Rating. 23–36.

Oktaviani, Dinda.2020.Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Yayasan Usaha Mulia Organic Farm

Permatasari, D. (2015). PENENTUAN STRATEGI BISNIS MANAJEMEN HOTEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus di Quds Royal Hotel Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 27(1), 86346.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 1 No. 2, Oktober 2020, 53(9), 1689–1699.

Rahayu Puji Suci. 2009. Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.11, No. 1, Maret 2009.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sugiyono 2017. (2013). Metode Analisis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori danAplikasi. Bandung: Agung Media

Wahyuaji, A. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Hasil Olahan Carica

Yudiaris, I. G. (2015). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal. 40–64. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:nZbXxtspsk4J:elisa.ugm.ac.id/user/archive/download/24062/b69c27dcc82cc712e3387f9fe533cbfd+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Yulianti, D. (2014). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT.Yulianti, D. (2014). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurn. Jurnal Sosiologi, 16(2), 103–114.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v4i1.2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.