EFESIENSI PRODUKSI PADA USAHATANI UBI JALAR (Suatu Kasus Pada Kelompok Tani Tunas Rahayu di Desa Sukaperna Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka)

Memey Imelda, Ida Marina, Dinar ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produksi usahatani ubi jalar dan tingkat efesiensi produksi usahatani ubi jalar dan untuk menganalisis tingkat efesiensi penggunaan faktor-faktor produksi  usahatani ubi jalar di Kelompok Tani Tunas Rahayu . Penelitian ini dilakukan di Desa Sukaperna Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Waktu penelitian dari bulan 05 September-29 September. Data yang dikumpulkan  merupakan data primer dan data sekunder. Penentuan responden dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh , dengan jumlah 20 petani yang melakukan usahatani ubi jalar. Hasil penelitian regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel luas lahan dan bibit  berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi usahatani ubi jalar  di Desa Sukaperna sedangkan variabel pupuk dan tenaga kerja tidak berpengarh terhadap usahatani ubi jalar. Sedangkan Hasil penelitian menggunakan analisis efisiensi alokatif ( harga) menunjukan bahwa variabel luas lahan dan bibit menunjukan belum efisien di kelompok Tani Tunas Rahayu. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ubi jalar di Desa Sukaperna.

Keywords


Efesiensi, Produksi, Usahatani, Ubi Jalar.

Full Text:

PDF

References


Asmarantaka, R. W. (2017). Efisiensi dan Prospektif Usaha Tani Ubi Jalar (Studi Kasus Desa Petir, Dramaga, Jawa Barat, Indonesia). Jurnal Pangan. 26(1), 29-36.

Dinar, Marina,I. (2021). Analisis Efisiensi Pemasaran Pada Penangkar Tanaman Bibit Jeruk Limau (Citrus amblycarpa). Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan . 9 (1):68-73, 1 Juli 2021.

Ferrell MJ. 1957. The Measurement Of Produktion Efficiency. Jurnal Of the Royal Statistical Society. 120(3):253-281.

Haris, W. A., & Falatehan, A. F. (2017). Analisis Peranan Subsektor Tanaman Pangan terhadap Perekonomian Jawa Barat. Journal of Regional and Rural Development Planning. 1(3):231-242.

Heriyanto, H., & Darus, D. (2017). Analisis Efisiensi Faktor Produksi Karet di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Dinamika pertanian. 33(2): 121-128.

Kurniasari, P. dan Poerwono, D. (2011). Analisis Efisiensi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Kecil Kabupaten Kendal (Studi Kasus pada Industri Kecil Genteng Press di Desa Meteseh Kecamatan Boja). Doctoral dissertation. Universitas Diponegoro.

Marina, I. (2021). Model Kapasitas Produksi Tomat Di Sentra Produksi kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian dan Peternakan. 7(1): 19-26, 1 Juli 2019.

Maryanto, M. A., Sukiyono, K., dan Priyono, B. S. (2018). Analisis Efisiensi Teknis dan Faktor Penentunya pada Usahatani Kentang (Solanum tuberosum). AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research. 4(1):1-8 , Januari-Juni 2018

Banker, R. D., Chames, A, dan Coper, W. W. (1984). Some models for estimating technical and scale inefficiencies in data envelopment analisis. Management Science. 30(9):1078-1092.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v3i2.1928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.