PERAN PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN SWADAYA (P4S) DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PESERTA PELATIHAN (Studi kasus di P4S Tani Mandiri Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat)

Asep Saepul Alam, Ahmad Nur Rizal, Moh Dian Tresnawan

Abstract


Sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia. Hal ini terutama karena sektor pertanian masih memberikan lapangan pekerjaan bagi sebagian besar penduduk yang ada di pedesaan, menyediakan bahan pangan bagi penduduk, dalam pembangunan nasional pertanian juga berperan dalam penyerap tenaga kerja, kurangnya kemampuan sumberdaya manusia dalam mengelola dan memaksimalkan potensi yang sudahada, oleh karena itu pemberdayaan pada sektor pertanian perlu diarahkan agar petani memiliki perubahan sikap kearah yang lebih baik. Petani perlu didorong untuk mampu bersaing dan mandiri, baik persaingan pada tataran lokal ataupun nasional bahkan internasional dengan berbagai negara. Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya (P4S) sebagai tempat pelatihan dan pemagangan dari petani untuk petani, sehingga mendorong petani berorientasi bisnis bukan hanya dikonsumsi tetapi juga membuka wawasan mereka tentang perkembangan tekonologi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui peran pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S) Tani Mandiri dalam peningkatan pengetahuan. (2) Mengetahui peran pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S) Tani Mandiri dalam peningkatan keterampilan. Data diperoleh dari 35 responden dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adanya peran P4S Tani Mandiri dalam peningkatan pengetahuan pembibitan tanaman pada peserta pelatihan dari sebelum melaksanakan pelatihan dengan jumlah skor 1183 dan setelah melaksanakan pelatihan jumlah skor menjadi 1482, maka dari itu dinyatakan adanya peran P4S Tani Mandiri dalam peningkatan pengetahuan pada peserta pelatihan. (2) Adanya peran P4S Tani Mandiri dalam peningkatan keterampilan pembibitan tanaman dari sebelum melaksanakan pelatihan dengan jumlah skor 1322 dan setelah melaksanakan pelatihan jumlah skor menjadi 1657, maka dari itu dinyatakan adanya peran P4S Tani Mandiri dalam peningkatan keterampilan pada peserta pelatihan.

Keywords


Sumber daya manusia, Pengetahuan, Keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Abdi, Rianse. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi).

Azka, A (2020). Peran Pusat PelatihanPertanian dan Pedesaan Swadaya dan Hubungannya dengan Perilaku Petani dalam Pengembangan Usahatani Karet di Kelurahan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Bambang Wahyudi. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita

Notoatmodjo S (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta Ponorogo. Diss. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018.

Rara, Mulya Arvidesi. Kajian Model Bisnis Sosial pada Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) (Studi Kasus P4s Dr. M. Natsir, Santiago, dan Tanjung Lurah). Diss. Universitas Andalas, (2017).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukino. (2013). Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani Terobosan Menanggulangi Kemiskinan. Yokyakarta: Pustaka Baru

Sulistiyono, Ninoy Yudhistya. Gambaran Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Syamsuddin, Ihwan. Pengembangan Kelompok Tani melalui Pembinaan P4S (Pusat Penyuluhan Pertanian & Pedesaan Swadaya). Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan 2.2 (2013).




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v3i2.1924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.