TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN PADA ATRIBUT BUNGA KRISAN DI DESA CIBODAS, CIPANAS

Ahmad Nur Rizal, Endah Lisarini, M. Imam Nur Argadinata

Abstract


Kebutuhan bunga potong di Indonesia, terutama di kota-kota besar semakin meningkat. Peningkatan kebutuhan ini sejalan dengan pertumbuhan restoran dan perkantoran sebagai konsumen utama bunga potong. Krisan ( Dendranthema grandiflora) merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mempunyai peluang besar untuk meningkatkan taraf hidup petani. Selama ini konsumen memilih bunga krisan karena beberapa alasan diantaranya atribut (karakteristik bunga krisan). Atribut bunga krisan yaitu antara lain warna, bentuk, dan daya tahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut bunga krisan yang disenangi konsumen dan mengetahui tingkat kesukaan ( preferensi ) konsumen pada atribut bunga krisan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskritif. Selain dilakukan pengklasifikasian nilai skor rata-rata tanggapan responden ke kategori tidak kuat sampai sangat kuat, juga dilakukan proses perangkingan untuk mendapatkan tingkat kesukaan pada atribut bunga krisan. Hasil penelitian menjawab tujuan penelitian sebagai berikut : 1) konsumen menyukai bunga krisan karena warnanya yang beragam dan cerah, bentuk bunga spray dan mempunyai daya tahan ( tidak cepat layu ). 2) tingkat kesukaan konsumen terhadap atribut bunga krisan adalah sangat kuat pada atribut daya tahan

Keywords


warna, bentuk, daya tahan, bunga krisan, kesukaan

Full Text:

PDF

References


Anwar, Sanusi. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

BALITHI. (2000). Laporan Tahunan. Balai Penelitian Tanaman Hias Tahun Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Cumming, R. W. (1994). The Chrysanthemum Book. Van Nostrand Comp. Inc,

Damayanti, M. 2010. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. PT. Refika Aditama : Bandung.

https://www.pustakadunia.com/media/posts/72/type-bunga. Usaha Perkebunan Tanaman Hias. Diakses pada tanggal 02 februari 2020.

Kotler Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Penerbit Prentice Hall, Salemba Empat, Jakarta. Krisan (Chrysanthemum Morifolium) Pada Berbagai Lama Penambahan Cahaya Buatan. Produksi Tanaman. 2(1): 10-16.

Kurniawan, R. (2007). Media Tanam Bibit Krisan. Kanisius, Yogyakarta

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebiato. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Maulida nenden. (2018). Tingkat kesukaan konsumen pada atribut beras padi pandanwangi murni cianjur.

Maulidi, Ali. (2016).Teknik belajar Statistik 2.Jakarta : Alim’s Puplishing

Naresh K. Malhotra. (2010). Marketing Reseach : an Applied Oriented Sixt Edition Pearson Education New Jersey. Halaman: 26.

Nicholson, Walter. (1995). Teori Ekonomi Mikro Prinsip Dasar dan Pengembangannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Purwanto, A.W. dan T.

Martini. (2009). Krisan Bunga Seribu Warna.Kanisius, Yogyakarta.

Ratnasari, J. dan Krisantini. (2007). Galeri Tanaman Hias Bunga, Penebar Swadaya, Bogor, halaman 6971




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v3i1.1585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.