PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS HITAM (Oryza Sativa L. Indika) DI USAHA BERAS SEHAT “SAWAH BAIK CIANJUR”

Adang Suryana, Ahmad Nur Rizal, Rendi Hermawan

Abstract


Akhir-akhir ini beras hitam mulai populer dan dikonsumsi oleh sebagian masyarakat sebagai bahan pangan fungsional karena secara alami atau melalui proses tertentu mengandung satu atau lebih senyawa yang dianggap mempunyai fungsi fisiologis yang bermanfaat bagi kesehatan, sehingga menjadi tren kesehatan bagi konsumen. Oleh karena itu selain faktor produk terhadap keputusan membeli konsumen tersebut faktor lain yang dapat dikontrol perusahaan untuk mempengaruhi keputusan membeli adalah 4P yaitu product (Produk), price (harga), promotion (Promosi), dan place/distribution (tempat). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setrategi pemasaran terhadap keputusan pembeli beras hitam (Oryza sativa L.Indica) diusaha beras sehat Sawah Baik Cianjur. Dengan responden sebanyak 60 menggunakan metode kuota sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang terkait strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian adalah faktor produk mempunyai pengaruh yang positif dan tidak berpengaruh signifikan secara parsial, harga berpengaruh yang positif dan tidak berpengaruh signifikan secara parsial, promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan tempat berpengaruh yang negatif dan tidak signifikan secara parsial. Pengaruh secara simultan, strategi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian


Keywords


Beras hitam, Strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.

Ghozali, Imam . (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi : Bagai mana Meneliti dan menulis Tesis.Jakaerta :Erlangga.

Mudrajad Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta:Erlangga.

Nam, S..,SP. Choi, M.Y. Kang.H.J.Koh.,.N.Kozukue, and. M.Freidman.2006.

Antio xidaktive activities of Brand extracts From twenty one pigmented ricecultivars. Fiod Chem.94:613-620

Suardi, D. dan. I.Ridwan. (2019). Beras Hitam, Pangan berkhasiat yang Belum Populer. Warta Penelitian, dan Pengembangan Pertanian.

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. PT. Gramedia : Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Umar, Husasin. (2003). Riset Pemasaran dan prilaku konsumen. Cetakan ketiga. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v3i1.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.