TINGKAT KEPUASAN STAKEHOLDER TERHADAP KINERJA SATUAN PELAYANAN BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA WILAYAH I CIANJUR

Asep Saepul Alam, Endah Lisarini, Leli Nurul Alawiyah

Abstract


Balai Pengawasan Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu instansi pelayanan di bidang sertifikasi benih yang telah terakreditasi dan diakui secara nasional maupun Internasional. BPSBTPH adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian dan menjadi rujukan bagi pembangunan perbenihan tanaman pangan dan hortikultura khususnya di Jawa Barat dan umumnya di Indonesia.. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan peran dan tugas Satuan Pelayanan BPSBTPH Wilayah I Cianjur, (2) Mengkaji tingkat kepentingan stakeholder terhadap kinerja Satuan Pelayanan BPSBTPH Wilayah I Cianjur, (3) Mengkaji tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja Satuan Pelayanan BPSBTPH Wilayah I Cianjur. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai bulan Februari 2020 di Kabupaten Cianjur. Analisis yang digunakan deskriptif kualitatif, kuantitatif CSI dan IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Satpel BPSBTPH Wilayah I Cianjur memiliki tugas dan peran yaitu pengawasan dini, madya dan hilir dengan kegiatan penilaian kultivar, pengujian di laboratorium, sertifikasi benih serta pengawasan pemasaran benih. (2) Tingkat kepentingan stakeholder terhadap kinerja Satpel BPSBTPH Wilayah I Cianjur diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,45 yang berada pada rentang skala 4,20-5,00 berarti sangat penting. (3) Tingkat kepentingan stakeholder terhadap kinerja Satpel BPSBTPH Wilayah I Cianjur diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,30 yang berada pada rentang skala 4,20-5,00 berarti sangat penting.

Keywords


Sertifikasi benih, Kinerja, Tingkat Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Andjani, Wiwiek. Pratama, Cahyo Asriwahyu. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Petani Bawang Merah (Allium asconolicum, L) Terhadap Kinerja Pelayanan PPL Dan Penangan Pupuk Bersubsidi. Jurnal Ilmu Pertanian, Agribisnis, dan Teknologi, Vol. 1, No. 1. Universitas Kadiri.

Arifin, Miftakhul. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluh Pertanian (Studi Kasus di BP3K Kalibawang, Kab. Kulon Progo, D.I. Yogyakarta). Agrica Ekstensia, Vol. 9, No. 1. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang Jurluhtan. Yogyakarta.

Murti, H dan Srimulyani, V.A.. 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja Pada PDAM Kota Madiun. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No. 1. Program Studi Manajemen. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Nuryana, Ayi Khobul. 2018. Tingkat Kepuasan Stakeholder Padi Pandanwangi Cianjur Terhadap Keberadaan Dan Peran Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C), Skripsi. Universitas Suryakancana Cianjur.

Patimah, Siti, Priyono, Sigit Basuki, Rasyid, W. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Usaha Benih Padi Cigeulis Di Balai Induk Padi Dan Palawija Di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Agrisep, Vol. 15, No. 1. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Bengkulu.

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 53 Tahun 2015 tentang Fungsi Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Riadi. 2013. Pengertian, Faktor dan Pengukuran Kepusan Konsumen. (Online). https://www.kajianpustaka.com/2013/04/ diakses pada Oktober 2019.

Sardjito. 2016. Informasi Kepuasan Pelanggan. (Online). https://sardjito.co.id/informasikepuasanpelanggan-2016/ diakses pada Oktober 2019.

Widyastuti, Endriani dan Widiastuti, Nur. 2014. Analisis Kepuasan Petani Terhadap Pelayanan Penyuluh Di Badan Pelaksana Penyuluhan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magelang. Jurnal Riset Manajemen Tahun 2014, Vol. 1, No. 2. STIE Widya Graha. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v3i1.1523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.