CLOUD TEACHING: BAGAIMANA PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DASAR

Rannisa Aliya Yusman, Keizha Venda Salsabilla, Mita Febi Valentina, Muhammad Adam Khayla Prayoga, Naomi Oktavia Simangunsong, Heni Mulyani, Rama Wijaya Abdul Rozak

Abstract


ABSTRAK

Pada era digital, teknologi terus mengalami perkembangan dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Cloud teaching atau pembelajaran berbasis online adalah salah satu inovasi dalam pendidikan yang menggunakan teknologi internet untuk menyediakan akses dan konten pembelajaran. Materi dan latihan soal mengenai pembelajaran dapat diakses secara online menggunakan cloud teaching. Cloud teaching digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik terhadap mata pelajaran Akuntansi Keuangan Dasar pada sekolah menengah kejuruan di Bandung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan seberapa besar pengaruh penggunaan metode cloud teaching terhadap pemahaman peserta didik. Melalui cloud teaching ini, akan meningkatkan pemahaman peserta didik atau justru memberikan hasil yang kurang maksimal terhadap pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Maka dari itu kami menggunakan metode pembelajaran ini untuk dapat membandingkan hasil pemahaman pembelajaran peserta didik melalui media online berupa quizizz. Pada penelitian ini dapat dibuktikan bahwa pembelajaran melalui cloud teaching mampu meningkatkan pemahaman peserta didik, hal ini terbukti dari percobaan tes melalui media online berupa quizizz. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Akuntansi Keuangan Dasar melalui cloud teaching dapat berjalan dengan efektif karena hasil dari tes menunjukan adanya peningkatan hasil pemahaman dalam pembelajaran. Namun, terdapat kendala yang dihadapi diantaranya gawai yang kurang memadai, keterbatasan jaringan internet, dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap penggunaan aplikasi quizizz.

 

ABSTRACT

In the digital era, technology continues to develop and affect many aspects of human life, including education. Cloud teaching or online-based learning is one of the innovations in education that uses internet technology to provide access and learning content. Learning materials and practice questions can be accessed online using cloud teaching. Cloud teaching is used in the learning process of students on basic financial accounting subjects at vocational high schools in Bandung. This study aims to prove how influential the use of cloud teaching methods is on students' understanding. Through this cloud teaching, it will increase students' understanding or actually provide less than optimal results on students' understanding in learning. Therefore we use this learning method to be able to compare the results of students' understanding of learning through online media in the form of quizzes. In this study, it can be proven that learning through cloud teaching can improve students' understanding, this is evident from test experiments through online media in the form of quizzes. The results of this study indicate that students' understanding in learning Basic Financial Accounting through cloud teaching can run effectively because the results of the test show an increase in understanding results in learning. However, there are obstacles faced including inadequate devices, limited internet networks, and lack of understanding of students on the use of quizizz applications.


Keywords


Cloud Teaching; Metode Pembelajaran; Hybrid Teaching; Akuntansi Keuangan Dasar; Pasca-pandemi; Cloud Teaching; Learning Method; Hybrid Teaching; Basic Financial Accounting; Post-pandemic

References


REFERENSI

Darmawanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi melalui Media Canva dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 66–72. https://ejournal.papanda.org/index.php/jipi/article/view/170%0Ahttps://ejournal.papanda.org/index.php/jipi/article/download/170/116

Fadila, A., Revilla Malik, L., & Razak, A. (2022). Perbandingan Minat Belajar Siswa Antara Sistem Pembelajaran Luring Dan Daring Di Kelas V Sdi Al Azhar 47 Samarinda. Instruktur, 1(2), 77–86. https://doi.org/10.51192/instruktur.v1i2.302

Li, J., Kay, R., & Markovich, L. (2018). Student Attitudes Toward Blended Learning in Adult Literacy and Basic Skills College Programs | Attitudes des étudiants envers l’apprentissage mixte dans les programmes collégiaux de formation de base et alphabétisation pour adultes. Canadian Journal of Learning and Technology / La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 44(2). https://doi.org/10.21432/cjlt27573

Maesaroh, S., & Adela, D. (2022). OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN PADA MASA TRANSISI MENUJU PEMBELAJARAN HYBRID. 08, 3052–3059.

Refnita, L. (2017). The effect of regular quizzes towards students’ achievement in a content-based subject. English Language Teaching and Research, 1(1), 176–189.

Sari, E. L., & Listiadi, A. (2022). PENGARUH VIRTUAL MEETING, EDULEARNING, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 9(1), 23-32. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p023

Solikah, H. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMPN 5 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. e-journal Bapala, Vol. 7(No 3), 6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508




DOI: https://doi.org/10.35194/ajaki.v2i2.3186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Aksyana : Jurnal Study Akuntansi Syariah INDEXED BY :

 Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.