ANALISIS EFEKTIFITAS DAN DAMPAK RANGKAP JABATAN DALAM OPERASIONALISASI PELAYANAN KSPPS MITRA INSAN MANDIRI TASIKMALAYA

Icha Apriliza, Asep Suryanto

Abstract


ABSTRAK

Sampai saat ini masih banyak lembaga-lembaga dan perusahaan yang mempekerjakan karyawan secara rangkap jabatan sehingga menimbulkan ketidak efektifitasan dalam bekerjannya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas rangkap jabatan karyawan serta dampak dari rangkap jabatan di KSPPS Mitra Insan Mandiri Tasikmalaya. Untuk meninjau masalah tersebut maka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori efektifitas, rangkap jabatan, pelayanan dan teori operasionalisasi BMT secara umum. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini berasal dari karyawan KSPPS Mitra Insan Mandiri dengan jumlah 3 orang plus bersama manajernya. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan 18 pertanyaan kepada manajer dan 7 pertanyaan kepada 2 orang karyawan yang berisi mengenai keefektifitsan dan dampak rangkap jabatan karyawan. Dengan hasil observasi interview/wawancara bersama manajer dan karyawan-karyawannya bahwa perusahaan ini berjalan secara efektif, tetapi efektif dari segi biaya,  walaupun dilihat dari karyawan yang merangkap jabatan maka pekerjaan atau kinerjanya dikatakan kurang efektif, namun tidak menghambat persaingan bersama perusahaan yang lain, bahkan KSPPS MIM ini yang mampu bertahan dengan sendiri tanpa bergabung dengan KSPPS/BMT yang lain. Itu karena kinerja manajer yang memimpin perusahaan dan mengarahkan karyawannya dengan bagus dan optimal serta kinerja dan pelayanan operasional karyawan-karyawanya yang maximal.

ABSTRACT

So far, there are many institutions and companies that employ workes in duty free form that give rise to ineffective work. As fo the purpose of this study to know the effectiveness of the offices of employees and the impact of the doubled Tropps at the KSPPS Counterpart Tasikmalaya. To review the problem this is the general theory of effectiveness, duality, service, and operation BMT. The method used is a qualitative descriotive methode of prmer’s data source with a data retrieval technique through interviews and documentation of this research coming from a personal made, independent partner, with 3 plus manager. As for the data analysis technician in this study, the interview with 18 questions to the manager and 7 questions to 2 employees contained about how employees are effective and how employees are multifaceted. With an observation of the manager and an interview its employees are effective, but effevtive in terms of cost, although judging by the employees who promoted then it is said that the work or performance is less effetive, but  it does hinder competition with ither firms, even this KSPPS Mitra Insan Mandiri is capable, To Survive without joining ither KSPPS/BMT. That’s because a manager’s performance is leading the company and directing its employees.


Keywords


Efektifitas; Rangkap Jabatan; Pelayanan; Effevtiveness; Duality; Service

References


REFERENSI

Ahmad, M. (2001). "Etika Bisnis Dalam Islam". Jakarta: Pustaka Al-Kutsar.

Astina, I. B. (2014). "Pengaruh Rangkap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Villa Shanti Hotel". Skripsi, Universitas Udayana Denpasar6-15.

Bahasa, P. (2008). "Kamus Besar Bahasa Indonesia". Jakarta: Balai Pustaka.

Barlian, E. (2016). "Penelitian Kualitatif & Kuantitaif". Padang: Sukabina Press.

Buchari, A., & Priansa, D. J. (2014). "Manajemen Bisnis Syariah". Bandung: Alfabeta.

Gofur, A. (2010). "Pengantar Ekonomi Islam". Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasibuan. (2010). "Manajemen Sumber Daya Manusia". Jakarta: Bumi Aksara.

Haykal, N. H. (2010). " Lemabaga Keuangan Islam." Jakarta: Prenadamedia.

Herdiansyah, H. (2013). "Wawancara, Observasi, dan Focus Groups". Depok: PT Raja Garfindo.

Huda, N., & Haykal, M. (2010). "Bank Lembaga Keuangan Syariah". Jakarta: Prenadamedia.

Indonesia. (Jakarta). "Peraturan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Pedoman Jabatan Rangkap". 1999: UU No.5 .

Islam, M. B. (2016). "Teori Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik". Jakarta: UMJ PRESS.

Jefry, T. (2018). "Akibat Hukum Bagi Notaris Yang Rangkap Jabatan Sebagai Pejabat Negara". Jakarta: Mustika Edukarya.

Jumaliani. (2008). "Bisnis Berbasis Syariah". Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, A. (2005). "Transformasi Pelayanan Publik". Yogyakarta: Pemabaruan.

Mardani. (2015). "Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia". Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Masitoh, N., & Rosidah, E. (2018). "Komunikasi Bisnis". Bandung: Mujahid Press.

Maulida, R. (2014). "Corporate Governance and Control". Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Ismail, Muhammad Yusanto, (2002). "Mengagas Bisnis Islam" Jakarta: Gema Insani Press.

Mukhtar, Ali, H., & Mardelena. (2016). "Efektivitas Pimpinan (Kepemimpinan Transformatif dan Komitmen Organisasi". Sleman: Deepublish.

Mulyono, D. (2015). "Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah". Yogyakarta: Andi.

Nasional, D. P. (2007). "Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke tiga". Jakarta: Balai Pustaka.

Prasista, B. A. (2017). "Analisis Efektivitas dan Dampak Rangkap Jabatan Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Pada PT Harta Ajeg Lestari, di kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng". Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha Singraja2-8.

Prihandoko, N. D. (2018). Pengaruh Rangkap Jabatan (Interlocking directprate) dan Proporsi Dewan Komisaris Independen Twerhadap Kinerja dan Kinerja Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Tesis, STIE Yayasan Keluarga Pahlwan Negara 2.

Rahmisyari. (2000)." Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Efektivitas Pelayanan Pegawai Kantor Camat Kota Utara Kota Gorontalo". Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis Vol 2 No 2, 98-99.

Rivai, V. (2013). "Manusia Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan". Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins. (2003). "Perilaku Organisas"i. Jakarta: Index.

Rumainur. (2017). "Rangkap Tenaga Kerja Asing". Jakarta: Tampuniak Mustika Edukarya

Sangadji, E. M. (2012). "Komunikasi Pemasaran". Malang: Erlangga.

Sawir, M. (2010). "Birokrasi Pelayanan Publik Konsep Teori dan Aplikasi". Yogyakarta: Deepublish.

Semiawan, C. R. (2003). "Metode Penelitian Kualitatif" . Jakarta: Resindo.

Soemitra, A. (2009). "Bank Lembaga Keuangan Syariah". Jakarta: Kencana.

Sudaryono. (2017). "Pengantar Manajemen" Jakarta: PT.Buku Seru.

Sugiyono. (2013). "Metode Penelitian Manajemen". Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D". Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). "Metodologi Penelitian". Yogyakarta: Pustaka Buku Press.

Suprianto, D. (2016). "Efektivitas Rangkap Jabatan Pengelola Perpusatakaan (Studi Kasus SMP Negeri 2 Panca Lautang Kabupaten Sindereng Rappang". Skripsi, Universitas Islam Negri Alaudin Makasar10-64.

Syamsu. (2017). "Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi". Gorontalo: Ideas Publishing.

Tanugraha, J. (2018). "Akibat Hukum Bagi Notaris Yang Rangkap Jabatan Sebagai Pejabata Negara". . Hukum Bisnis dan Administrasi Negara, 3.2.

Taufiqurohkman, & Satispi, E. (2010). "Teori Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik" . Jakarta: UMJ PRESS.

Umam, K. (2010). "Perilaku Organisasi". Bandung: CV. Pustaka Setia.

Wibisono, D. (2002). "Riset Bisnis Panduan Bagi Praktisi dan Akademisi". Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, C. (2016). "Dasar-Dasar Manajemen". Medan: Perdana Publishing.

Winani, W., & Endang. (2018). "Teori dan Praktik Penelitian Kualitatif Kuantitatif, PTK R&D". Jakarta: Bumi Aksara.

Yusanto, M. I., & Widjajakusuma, M. K. (2002). "Menggagas Bisnis Islam" . Jakarta: Gema Insani Press.




DOI: https://doi.org/10.35194/ajaki.v1i2.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Aksyana : Jurnal Study Akuntansi Syariah INDEXED BY :

 Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.