ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA BANK UMUM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODERATED REGRESSION ANALYSIS

Rahmini Rahmini, Mohammad Rofiuddin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh Intellectual Capital, Islamic Social Reporting, dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder berbentuk panel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 bank dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil pengolahan data tersebut menunjukan bahwa Intellectual Capital tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Islamic Social Reporting signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Growth Opportunity  tidak signifkan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Return On Equity berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Variabel Kinerja Keuangan tidak dapat memoderasi Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Kinerja Keuangan mampu memoderasi hubungan Islamic Social Reporting dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan.

ABSTRACK

This research aims to analyze the effect of Intellectual Capital, Islamic Social Reporting and Growth Opportunity on Firm Value with Financial Performance as a moderating variable. This type of research is quantitative research with secondary data in the form of panels. The sample used in this study were 10 banks with a sampling technique using purposive sampling. The result of data processing show that the Intellectual Capital has a negative and insignificant effect on Firm Value. Islamic Social Reporting has a positive and significant effect on Firm Value. Growth Opportunity has a negative and insignificant effect on Firm Value. Meanwhile, Return On Equity has a positive and significant effect in Firm Value. Financial Performance can’t moderate the Intellectual Capital on Firm Value. Meanwhile, the Financial Performance is able to moderate the relationship of Islamic Social Reporting to Firm Value


Keywords


Modal Intelektual; Pelaporan Sosial Islam; Peluang Pertumbuhan; Nilai Perusahaan; Kinerja Keuangan; Intellectual Capital; Islamic Social Reporting; Growth Opportunity; Firm Value; Financial Performance

References


REFERENSI

Awaliyah, N., & Safriliana, R. (2017). Pengaruh Intellectual Capital Pada Nilai Perusahaan Perbankan. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 6(2). https://doi.org/10.22219/jrak.v6i2.03

Boulding, W., & Kirmani, A. (1993). A Consumer-Side Experimental Examination of Signaling Theory: Do Consumers Perceive Warranties as Signals of Quality? Journal of Consumer Research, 20(1), 111. https://doi.org/10.1086/209337

Dahar, R. (2019). Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas. 21(1), 12.

Davis, P. J. (2017). How HR can create competitive advantage for the firm: Applying the principles of resource-based theory. Human Resource Management International Digest, 25(2), 4–6. https://doi.org/10.1108/HRMID-09-2016-0122

Devi, S., Budiasih, I. G. N., & Badera, I. D. N. (2017). Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management Dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 14(1), 20–45. https://doi.org/10.21002/jaki.2017.02

Dewi, R. R., & Tarnia, T. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 6(2), 115. https://doi.org/10.25105/jipak.v6i2.4486

Dwipayani, C. C., & Prastiwi, A. (2014). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Dan Kinerja Pasar. 3(3), 9.

Fauzia, N., & Amanah, L. (2016). Pengaruh Intellectual Capital, Karakteristik Perusahaan, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. 5, 22.

Firdaus, A. N., & Krisnanto, E. (2021). Pengaruh Growth Opportunity, Kebijakan Dividen dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. 17.

Gantino, R., & Alam, L. R. (2021). Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dimoderasi oleh Kinerja. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10(2), 215–230. https://doi.org/10.15408/ess.v10i2.18858

Juwita, R., & Angela, A. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia. 8(1), 15.

Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers.

Martha, L., Sogiroh, N. U., Magdalena, M., Susanti, F., & Syafitri, Y. (2018). Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Benefita, 3(2), 227. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.3493

Maulina, R., Si, M., & Si, M. (2019). Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. 16.

Mediatama, G. (2021, February 10). Sejumlah bank syariah dan UUS cetak pertumbuhan laba di tahun lalu. kontan.co.id. https://keuangan.kontan.co.id/news/sejumlah-bank-syariah-dan-uus-cetak-pertumbuhan-laba-di-tahun-lalu

Muasiri, A. H., & Sulistyowati, E. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. 11.

Mukhtaruddin, M., Ubaidillah, U., Dewi, K., Hakiki, A., & Nopriyanto, N. (2019). Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Firm Value, and Financial Performance as Moderating Variable. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 3(1), 55. https://doi.org/10.28992/ijsam.v3i1.74

Nathanael, R. F., & Panggabean, R. R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Leverage Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. 17, 26.

Nurwahyuni, Mas’ud, M., Alam, S., & Djamareng, A. (2020). Pengaruh Profitability, Growth Opportunities Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Management Science (JMS), 1(1), 14–35. https://doi.org/10.52103/jms.v1i1.49

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813. Https://Doi.Org/10.35327/Gara.V15i1.179

Ralina, L. (2018). Pengungkapan Islamic Social Reporting, Return On Asset dan Current Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Dalam ISSI 2013-2017. Universitas Erlangga.

Refani, R. (2020). Universitas Muhammadiyah Magelang. 10.

Retnasari, A., Setiyowati, S. W., & Irianto, M. F. (2021). Profitabiltas Memoderasi Likuiditas Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. El Muhasaba Jurnal Akuntansi, 12(1), 32–41. https://doi.org/10.18860/em.v12i1.10039

Rosalina. (2019). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan. Universitas Jember.

Salsabilla, S., & Rahmawati, M. I. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. 10, 20.

Santika, A. (2019). Pengaruh Islamic Social Reporting terhadap Profitabilitas (Return on Asset dan Return on Equity) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 1. https://doi.org/10.22219/jes.v4i2.9870

Sayyidah, U., & Saifi, M. (2017). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. 9.

Setiawan. (2018). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Wawasan Manajemen Universitas Lambung Mangkurat, 6(2).

Setiyani, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadp Nilai Perusahaan Pada Bank Panin Dubai Syariah Tbk Periode2016-2018. IAIN Purwokerto.

Setiyowati, S. W., Naser, J. A., & Astuti, R. (2020). Leverage dan growth opportunity mempengaruhi nilai perusahaan melalui profitabilitas. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(1), 31–40. https://doi.org/10.21067/jem.v16i1.4513

Siregar, I. G., & Pambudi, J. E. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Return On Equity Terhadap Nilai Prusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Tekstil Dan Garemnt Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010 – 2014. Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31000/competitive.v3i1.1538

Snapshot Perbankan Syariah Desember 2020.pdf. (n.d.).

Sormin, P. (2021). Impact Of Capital Structure, Growth Opportunities, And Profitability On Company Value. 2, 16.

Suazo, M. M., Martínez, P. G., & Sandoval, R. (2009). Creating psychological and legal contracts through human resource practices: A signaling theory perspective. Human Resource Management Review, 19(2), 154–166. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2008.11.002

Wahyuni, E., & Purwaningsih, E. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Struktur Modal Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Keluarga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia TAHUN 2016 – 201. Media Akuntansi, 33(01), 79–99. https://doi.org/10.47202/mak.v33i01.115

Wahyuni, W., & Anwar, C. (2017). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Free Cash Flow Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Secondary Sectors di Bursa Efek Indonesia). 6, 13.

Wernerfelt, B. (1984). A resource-based view of the firm. Strategic Management Journal, 5(2), 171–180. https://doi.org/10.1002/smj.4250050207




DOI: https://doi.org/10.35194/ajaki.v1i2.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Aksyana : Jurnal Study Akuntansi Syariah INDEXED BY :

 Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.