EFFORTS TO IMPROVE THE ABILITY TO WRITE PROCEDURE TEXTS THROUGH THE RALLY COACH MODEL IN COLLABORATIVE LEARNING FOR CLASS XI MAN 2 CIANJUR STUDENTS ACADEMIC YEAR 2022-2023
Abstract
Full Text:
PDF 76-94References
Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia Vol.1 No.1, 1(April), 32–38. https://jurnal.unigal.ac.id
Astuti, J., & Asran, M. (2013). Pelaksanaan Metode Cooperative Learning pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menyusun Alur Cerita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5311
Azura. (2017). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. ASAS: Jurnal Sastra, 21(1), 1–9. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/7669
Darma, S. (2022). Meningkatkan Penguasaan Teks Prosedur Melalui Permainan Race Reading Dalam Pembelajaran Kolaboratif Peserta Didik Kelas XI. JULAK Jurnal Pembelajaran & Pendidik, 1(June). https://doi.org/10.31219/osf.io/q2che
Harianja, J. K. (2020). Implementasi Rally Coach Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 162–170. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p162-170
Lestari, A. W., Pratiwi, Y., & Mudiono, A. (2017). Model Rally Coach Dalam Pembelajaran Narasi di Sekolah Dasar. Prosiding TEP PDs Transformasi Abad 21, 4(1), 177–183.
Purwanti, R. (2019). Teks Prosedur Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1, 18. http://eprints.ums.ac.id/74249/14/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Saleh, C. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. In Dapu6107 (Vol. 1).
Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460–3471. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1334
Souhoka, R., Septory, & Reiwuty. (2022). Pembelajaran Roun Table Dan Rally Coach Berbantuan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Communication Siswa Di Kelas IV SD. Kamboti Journal Of, 3(April), 1–6. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/article/view/5822%0Ahttps://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/article/download/5822/4115
Suyati. (2019). Menulis, Teks Prosedur, Resiprokal. PEMBAHSI: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 58–65.
Yulisna, R. (2016). Kontribusi Kemampuan Memahami Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Padang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(2), 72–83. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.1101
Abubakar, R. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. In SUKA-Press Sunan Kalijaga.
Arifin, J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. PT. Elex Media Komputindo.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariyanto, W. &. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Rosda.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE.
Sosial, F. I. (2018). Panduan Pembelajaran Kolaboratif.
Sudaryono. (2017). Metode penelitian. Depok : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. ALFABETA.
Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.