Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan Dengan Kemampuan Smash Bola Voli Pada Ekstrakurikuler

Wachyu Bakti Bachtiar, Ervan Kastrena

Abstract


Komponen kondisi fisik daya ledak otot lengan merupakan aspek yang sangat penting bagi atlet untuk menghasilkan kecepatan dan kekuatan saat melakukan pukulan smash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot lengan dengan kemampuan smash. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan desain penelitian yaitu korelasi rxy. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan Cikalongkulon, yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh Sugiyono (2001). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang pertama untuk mengukur daya ledak otot lengan menggunakan two hand medicine ball put (Johnson & Nelson, 1969, dalam Setiawan & Budiarto, 2017), Analisis data menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat hubungan daya ledak otot lengan dengan kemampuan smash bolavoli pada siswa ekstrakurikuler SMA Pasundan Cikalongkulon.


Keywords


Daya Ledak Otot Lengan, Volly Smash

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhamad Syamsul Taufik (2019) Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan Jilid 10 Terbitan 02 Halaman 68-78

Muhamad Syamsul Taufik (2014) Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh, Fleksibilitas Dan Kecepatan Reaksi Dengan Kelincahan Pada Cabang Olahraga Futsal Lembaga Universitas Pendidikan Indonesia Nurhasan, cholil Hasanudin. (2007). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung : FPOK.

Setiawan, Edi dan Budiarto. (2017). Panduan Melaksanakan Tes, Pengukuran Dan Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Cianjur: PENDOR Universitas Suryakancana




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.